teks

Selamat Datang di Mitrakerjasmk.blogspot.com sebagai media informasi dan belajar bersama

Thursday, 20 July 2023

BAB 1. Membiasakan Berpikir Kritis dan Semangat Mencintai Iptek

Gambar Ilustasi

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari diharapkan peserta didik dapat;

  1. Membaca dengan tartil Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan QS. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Menghafalkan dengan fasih dan lancar Q.S. Ali Imrān/3: 190-191 dan QS. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Mempresentasikan tentang Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan Q.S. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi,
  4. Terbiasa membaca Al-ur’an dengan meyakini bahwa berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah perintah agama, serta membiasakan rasa ingin tahu, berpikir kritis, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  5. Menganalisis Q.S. Ali ‘Imrān/3: 190-191 dan Q.S. ar-Rahmān/55: 33, serta Hadis tentang berpikir kritis dan ilmu pengetahuan dan teknologi.

2. Keterkaitan Materi dengan Mata Pelajaran Lain

Jika ditelusuri, materi berpikir kritis dapat ditemukan juga di mata pelajaran (mapel) PPKn, khususnya yang membicarakan tentang Hak dan Kewajibanwarga negara dalam perspektif Pancasila; Wawasan Nusantara dalam konteks NKRI; dan Integrasi Nasional dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Begitu juga jika dikaitkan dengan mapel Sejarah, khususnya pada Kompetensi Dasar (KD) Menggunakan Prinsip-prinsip Dasar Penelitian Sejarah; Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal, Hindu-Buddha, dan Islam di Indonesia, semua itu sangat dibutuhkan adanya berpikir kritis.

Selanjutnya, pada mapel Sosiologisecara nyata dan jelas sangat dibutuhkan adanya berpikir kritis, itu didapatkan pada materi ajar: mengenal sifat dan fungsi stratiikasi sosial; reintegrasi sosial di masyarakat; serta proses integrasi sosial dan faktor-faktor pendorongnya.

Jika dikaitkan dengan iptek, maka dapat ditemukan pada mapel Antropologipada materi ajar Pengaruh Iptek pada Budaya Lokal. Begitu juga,pada mapel PKNpada materi Pengaruh Kemajuan Iptek terhadap NKRI. Lalu, ditemukan juga pada mapel IPAdalam materi Menganalisis Perkembangan Iptek di Indonesia.

Mari kita pelajari bersama lebih jauh materinya.

No comments:

Post a Comment

"tanda-tanda manusia berakhlak baik adalah dengan berkata santun"