teks

Selamat Datang di Mitrakerjasmk.blogspot.com sebagai media informasi dan belajar bersama

Friday 4 October 2013

Indahnya Belajar Al Qur'an

Hari Senin tanggal 7 Oktober 2013, sudah mulai MID semester ganjil, semoga dengan semangat belajar, kita semua diberikan kemudahan oleh Allah, dan sukses di kemudian hari. dengan semangat belajar dan dengan keyakinan "sekarang baca besok bisa" mari kita belajar untuk memahami ayat dengan baik. Semoga dapat menambah pengetahun kita. Amiiin...

Jika butuh materi buat belajar, silahkan klik link di bawah ini ya .....


DOWNLOAD


SURAT AL- HUJURAT AYAT 12

SURAT AL- ANFAL AYAT 72  

SURAT AL-HUJURAT AYAT 10













Meningkatkan Keimanan Kepada Allah Melalui Asmaul Husna 
Diantara yang 99 nama tersebut adalah: 
1.      Al-Mukmin artinya Maha Memberi Keamanan 

Al-mu'min artinya allah adalah maha pemberi keamanan, setiap manusia di berikan hak untuk diberikan oleh allah hak yang sama yaitu hak keamanaan. Allah akan memberikan rasa aman kepada setiap manusia yang merasa ketakutan , baik takut terhadap dirinya, agama maupun kehidupannya di dunia. rasulullah bersabda yang artinya: 
"Barang siapa yang beriman kepada allah dan hari akhir maka berilah rasa aman kepada tetangganyadarikejahatannya". 
kita selaku oramg mu'min harus bisa memberikan keamanan kepada orang lain dari azab Allah, dengan memberikan petunjuk atau hidayah kepada jalan allah dan nasihat menuju jalan keselamatan. Makna dari sifat almu'min bagi kehidupan manusia adalah orang-orang yang berada di sekitarnya merasakan tenang , damai, sejuk, sedih, ketika berada di dekatnya orang itu akan menjadi bahagia dan tenang. Hal ini di sebabkan hatinya telah dipenuhi dengan ketenangan hatinya selalu berhubungan dengan allah , dan ketinggian nilai tawakal yang dimiliki 

Al-Mukmin adalah nama Allah. Ketika kita akan menyeru dan berdoa kepada Allah dengan nama –Nya Al-Mukmin, kita berarti memohon diberikan keamanan, dihindarkan dari fitnah, bencana dan siksa. Karena Dialah Yang Maha Memberikan keamanan, Dia yang Maha Pengaman. Dalam nama Al-Mu’min terdapat kekuatan yang dahsyat dan luar biasa. Disitu ada pertolongan dan perlindungan, ada jaminan(insurense), dan ada bala bantuan.

2.      Al wakil artinya Maha Mewakilkan

Dia adalah Dzat yang mengurus segala urusan hamba-Nya dan memudahkan segala yang dibutuhkan oleh mereka. Atau, Dia adalah Dzat yang segala perkara diwakilkan kepada-Nya. Dan wakil itu terbagi atas: 1. yang meemenuhi apa yang diwakilkan kepadanya dengan sempurna, tanpa pamrih; dan 2. yang memenuhi tetapi tidak semua. Wakil yang mutlak ialah yang diwakilkan segala urusan kepadanya, dan dia cocok untuk melaksanakan dan menyempurnakannya-wakil seperti itu tidak lain hanyalah Allah SWT.

3.      Al Maatin artinya Maha Sempurna Kekuatannya

Al Matin ialah Dzat yang mempunyai kekuatan yang sempurna, dimana tidak ada satu pun dari af’al-Nya yang dapat dibantah, dan tidak ada kelemahan di dalam kekuatan-Nya, serta tidak bisa ditolak perintah-Nya. Keadaan ini tidak mungkin ada selain pada Allah SWT, sebab Dia sajalah yang mempunyai sifat-sifat sempurna.

Kalau Al-Quwwah menunjukkan kekuasaan yang sempurna, dan Al-Matin menunjukkan kekuatan yang sangat. Allah SWT, dari segi kekuasaan-Nya yang mencapai kesempurnaan, disebut Al-Qawiy, dan dari segi Dia sangat kuat, disebut Al-Matin.

4.      Al Jaami’ artinya Maha Mengumpulkan

Dia adalah Dzat yang menghimpun seluruh manusia pada hari kiamat. Dan ada pendapat lain mengatakan, bahwa Dia adalah Dzat yang mengumpulkan bagia-bagian tubuh manusia sesudah ia bercerai-berai, dan yang membangkitkan mereka kembali, serta menghimpun mereka di padang mahsyar.

Penghimpunan ini ada berbagai macam bentuknya, di antaranya adalah mengumpulkan seluruh makhluk yang beraneka ragam, termasuk manusia dan lain-lainnya, di permukaan bumi ini dan kemudian mengumpulkan mereka di padang mahsyar pada hari kiamat. Dan Dia mengumpulkan langit, planet, udara di bumi, lautan, binatang, tumbuh-tumbuhan, dan barang-barang tambang yang aneka rupa di bumi.

Dan Allah juga mengumpulkan di dalam diri seorang hamba adab yang lahir di anggota tubuh dan hakikat batin di dalam hati. Barangsiapa yang sempurna makrifatnya dan baik tingkah lakunya, maka ia disebut juga sebagai jami’. Dikatakan bahwa jami’ ialah orang yang tidak padam cahaya makrifatnya.

5.      Al Adl artinya Maha Adil

Kata ini adalah kata dasar, di mana Allah menyifatkan diri-Nya sebagai sifatmubalaghah, yakni bersifat adil yang sempurna. Dia bersih dari sifat aniaya, baik dalam hukum-Nya maupun dalam perbuatan-Nya. Di antara hukum-Nya mengenai hak hamba-hamba-Nya adalah, bahwasanya tidak ada bagi manusia itu kecuali apa yang dia usahakan, dan bahwa hasil dari segala usahanya itu akan dilihatnya.

Berakhlak dengan ism ini menuntut seseorang agar senantiasa adil dalam menghukum, berperilaku, dan berrsikap, dan tidak boleh menganiaya seorang pun. Sesungguhnya orang-orang yang saleh berada di dalam surga yang penuh dengan kenikmatan, dan bahwa orang-orang durhaka akan dimasukkan ke dalam api neraka jahanam.

Hikmah beriman kepada Allah SWT

a. Menyadarkan manusia untuk selalu ingat kepada Allah
b. Potensi untuk melaksanakan perintah-Nya
c. Potensi untuk menjauhi larangan-Nya
d. Ketenangan dan Ketentraman Jiwa, dan sebagainya.

1 comment:

  1. mantap... makasih pak, buat materi tugas kuliah

    ReplyDelete

"tanda-tanda manusia berakhlak baik adalah dengan berkata santun"