teks

Selamat Datang di Mitrakerjasmk.blogspot.com sebagai media informasi dan belajar bersama

Saturday 16 September 2023

BAB 2. Bukti Beriman: Memenuhi Janji, Mensyukuri Nikmat, Memelihara Lisan, Menutupi Aib Orang Lain

Gambar Ilustasi

1. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari diharapkan peserta didik dapat;

  1. Dapat menganalisis cabang iman: memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, menutupi aib orang lain dengan benar.
  2. Dapat mempresentasikan tentang memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain dengan bagus.
  3. Meyakini bahwa cabang iman adalah ajaran agama dengan sepenuh hati.
  4. Membiasakan sikap tanggung jawab untuk memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, menutupi aib orang lain dengan tepat.

2. Keterkaitan Materi dengan Mata Pelajaran Lain

Sejauh pencarian yang dilakukan, materi ini hampir dibahas pada mata pelajaran (mapel) PAI-BP atau materi ke-Islam-an, baik pada pendidikan dasar (SD, SMP), pendidikan menengah (SMA, SMK), maupun Perguruan Tinggi (PT), tetapi belum ditemukan pembahasan materi ini di mapel lain. Berikut ini, hasil penelusuran yang didapatkan.

Di interal mapel PAI-BP dalam Kurikulum 13, keterkaitan sub materi memenuhi janji, mensyukuri nikmat, memelihara lisan, dan menutupi aib orang lain ini, dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Di jenjang Pendidikan Dasar (SD), materi mensyukuri nikmatdapat ditemukan pada praktik ibadah pelajaran 2 Kelas 5, tepatnya pada doa mensyukuri nikmat; materi Menjaga Lisan, terdapat di materi kelas 3
  2. Di jenjang SMP Kelas 9 (Semester Ganjil Bab 2 atau 3), terdapat materi yang hampir sama, yaitu: Bab “Jujur dan Menepati Janji”.
  3. Sub Bab “Mensyukuri Nikmat”, terdapat di jenjang SLTA (SMA dan SMK) pada aspek kajian Al-ur’an (Q.S. Luqmān/31: 13-14) dan Hadis yang relevan.
  4. Di Perguruan Tinggi, terdapat di materi Pendidikan Sosial dengan sub judul “Persaudaraan, Tolong Menolong, Menutupi Aib Orang lain” pada matakuliah Hadits Tarbawi II.

Mari kita pelajari bersama lebih jauh materinya.

No comments:

Post a Comment

"tanda-tanda manusia berakhlak baik adalah dengan berkata santun"