teks

Selamat Datang di Mitrakerjasmk.blogspot.com sebagai media informasi dan belajar bersama

Wednesday 2 December 2015

Bab 5 Rangkuman

RANGKUMAN

Al qur'an ialah firman Allah yang merupakan mukjizat yang diturunkan kepada nabi muhammad dengan perantaraan malaikat jibril yang tertulis dalam mushaf dan disampaikan kepada manusia secara mutawatir dan diperintahkan untuk mempelajarinya Kedudukan alquran adalah sebagai sumber hukum islam yang sempurna dan paripurna pertama dan utama dan merupakan rujukan bagi sumber sumber hukum islam lainnya.

Fungsi alquran antara lain sebagai :

  1. Pedoman hidup manusia
  2. Petunjuk bagi orang yang bertakwa
  3. Mukjizat atas kebenaran nabi Muhammad saw
  4. Sumber hidayah dan syariah
  5. Pembeda antara haq dan batil

Hadis adalah perkataan perbuatan dan ketetapan nabi Muhammad saw yang berkaitan dengan hukum. Hadits disebut juga sunnah yang berarti jalan yang telah dibiasakan oleh nabi Muhammad saw artinya suatu perbuatan ucapan atau ketetapan yang telah menjadi kebiasaan Nabi saw. Kedudukan hadits merupakan sumber hukum islam kedua setelah al qur'an sedangkan fungsinya antara lain :

  1. Penguat hukum yang sudah ada dalam al qur'an
  2. Penjelas atas hukum yang terdapat dalam al quran
  3. Menetapkan hukum hukum tambahan atas hukum hukum yang belum terdapat dalam al quran

Ijtihad ialah mencurahkan akal pikiran dengan sungguh sungguh untuk menemukan suatu hukum yang tidak ditetapkan dalam al quran dan hadist Kedudukan ijtihad sebagai sumber hukum islam ketiga stelah alquran dan alhadist. Sepanjang ijtihad dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

No comments:

Post a Comment

"tanda-tanda manusia berakhlak baik adalah dengan berkata santun"